Sabtu, 16 Januari 2016

Manfaat Tauge Untuk Kesehatan

Tauge adalah sayuran yang tumbuh dari proses pertumbuhan kacang hijau. Ya, sebenarnya tauge ini adalah kacang hijau. Namun kacang hijau yang sudah tumbuh tunas sehingga disebut tauge. Manfaatnya pun luar biasa, boleh dikatakan manfaat tauge lebih banyak dibanding kacang hijau sendiri. Tidak heran jika tauge sangat digemari oleh berbagai kalangan dan hingga dijadikan sebagai sayuran tambahan makanan.

Tauge sendiri mengandung vitamin E, antioksidan, dan vitamin B yang tinggi sehingga sangat baik untuk tubuh anda. Selain itu, kandungan serat dan air dalam tauge juga sangat tinggi, hampir semua kandungan yang terdapat dalam tauge adalah air. Kandungan nutrisi tauge ini sudah ada sejak masih berupa kacang-kacangan namun dalam proses menjadi kecambah ternyata kandungan nutrisinya meningkat berkali-kali lipat.

Manfaat Tauge Untuk Kesehatan
Tauge memang sangat baik untuk kesehatan

Untuk itu kami akan memberikan beberapa manfaat dari tauge yang perlu anda ketahui. Apa sajakah manfaat dari kandungan tersebut? Yuk mari kita bahas dibawah ini :

1. Kaya Akan Vitamin E

Vitamin E yang terkandung pada tauge bermanfaat bagi kesuburan terutama pada pria. Kandungan vitamin E ini akan memperbaiki fungsi sperma sehingga baik pergerakan ataupun jumlah sperma akan menjadi optimal. Selain itu, vitamin E dalam tauge juga bermanfaat untuk kesehatan kulit membuat kulit menjadi lebih mulus dan bersih.

2. Memiliki Kandungan Antioksidan

Antioksidan dalam tauge dapat menangkal radikal bebas yang terdapat dalam tubuh terutama dalam rahim seorang wanita sehingga tauge juga bermanfaat bagi kesuburan wanita. Dinding rahim tanpa radikal bebas akan menjadi tempat yang siap dan cukup nutrisi untuk perlekatan hasil pembuahan.

3, Banyak Vitamin B

Vitamin B kompleks dalam tauge bermanfaat dalam membantu berbagai proses metabolisme dalam tubuh karena vitamin B ini akan membantu enzim dalam metabolisme. Selain itu vitamin B juga bagus untuk memperbaiki syaraf-syaraf tubuh anda yang rusak.

4. Memiliki Kandungan Serat dan Air yang Banyak

Kandungan serat dan air yang tinggi akan membantu saluran cerna dalam mengeluarkan kotoran. Pengeluaran kotoran yang lancar akan mencegah terjadinya penumpukan racun dan radikal bebas pada usus besar sehingga dapat menurunkan resiko terkena kanker usus.

Selain itu, tauge juga mengandung saponin yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol darah. Saponin akan menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa mengurangi kadar kolesterol baik sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang dengan penyakit kolesterol. (ref : klikdokter.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar