Minggu, 20 April 2014

Mengenal Jenis-jenis Poster

Jenis-jenis poster tentunya beraneka ragam, itu semua tergantung dengan isi dan tujuan yang ada pada poster tersebut. Hal ini yang membedakan antara poster yang satu dengan poster yang lainnya. Secara kasat mata mungkin kira berpikir semua poster itu sama, semua yang diinformasikan adalah produk-produk yang akan dijual. Sebenarnya itu salah kaprah, untuk itu mari kita sama-sama mengenal jenis-jenis poster yang umumnya kita jumpai ditempat-tempat umum.

Source : https://www.flickr.com/photos/54764072@N04/5150874530/

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Isinya

  1. Poster Niaga, ini merupakan poster yang isinya menjual atau mempromosikan barang dan jasa suatu perusahaan, contoh kalimatnya "Kompor Gatotkaca adalah satu-satunya kompor terbaik untuk dapur anda."
  2. Poster Kegiatan, ini merupakan poster yang isinya menginformasikan suatu kegiatan, contoh kalimatnya "Jangan lewatkan acara dangdutan bersama Bank Srikandi dilapangan Gasibu 20 April 2014."
  3. Poster Pendidikan, ini merupakan poster yang isinya memberikan pendidikan kepada masyarakat luas, contoh kalimatnya "Mari kita sukseskan program Keluarga Berenca dengan dua anak cukup."
  4. Poster Layanan Masyarakat, ini merupakan poster yang isinya menginformasikan pelayanan kepada masyarakat, contoh kalimatnya "Puskemas Arjuna akan mengadakan pengobatan gratis 20 April 2014."
  5. Poster Karya Seni, ini merupakan poster yang isinya bersifat ekspresif yang belum tentu sama diartikan anatar orang yang satu dengan yang lainnya. Poster ini umumnya gambar dan minim sekali kata-kata.

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Tujuannya.

  1. Poster Propaganda, ini merupakan poster yang tujuannya adalah untuk memberikan semangat kepada khalayak umum agar bersemangat didalam mengarungi kehidupan dalam usaha untuk mencapai cita-cita.
  2. Poster kampanye, ini merupakan poster yang tujuannya adalah merebut simpati masyarakat umum agar memilih dirinya ketika pemilihan tiba, poster ini akan ramai ketika menjelang Pemilu dan Pilkada.
  3. Poster "Wanted" atau "Dicari", ini merupakan poster yang tujuan utamanya untuk menginformasikan orang hilang atau perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, poster ini sering kita lihat dipohon-pohon.
  4. Poster "Cheesecake", ini merupakan poster yang tujuannya untuk menarik perhatian masyarakat ramai. Poster ini umumnya dibuat dengan gambar-gambar orang-orang tenar seperti selebriti, artis, dll.
  5. Poster Film, ini merupakan poster yang tujuannya untuk mempromosikan film-film yang akan ditayangkan kepada masyarakat. Poster jenis ini banyak dijumpai dilounge bioskop sebelum kita nonton.
  6. Poster Komik, ini merupakan poster yang tujuannya untuk mempopulerkan komik kepada masyarakat. Hal ini dikarenakan saat ini tren komik sedang menurun berbeda pada saat kejayaannya ditahun 60-an.
  7. Poster Afirmasi, ini merupakan poster yang tujuannya untuk memotivasi para pembacanya dengan kata-kata yang sugestif, poster ini banyak kita jumpai diacara seminar-seminar atau talkshow-talkshow.
  8. Poster Riset atau Kegiatan Ilmiah, ini merupakan poster yang tujuannya menginformasikan kegiatan riset atau penelitian kepada masyarakat umum, poster ini sering kita lihat dimading kampus atau sekolah.
  9. Poster Kelas, ini merupakan poster yang tujuannya memberikan pengetahuan, wawasan, penerangan, serta motivasi kepada para siswa, poster ini sering kita lihat didalam kelas disekolah-sekolah.
  10. Poster Komersial, ini merupakan poster yang tujuannya mempromosikan atau menginformasikan barang dan jasa yang akan dijual oleh perusahaan, poster ini juga disebut dengan poster niaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar