Rabu, 09 September 2015

Pengertian Penyakit Bronkitis

Bronkitis adalah infeksi pada saluran pernapasan utama dari paru-paru atau bronkus yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi pada saluran pernapasan tersebut. Kondisi ini biasanya termasuk sebagai penyakit pernapasan atau batuk. Umumnya disebabkan oleh kebiasaan merokok pada orang dewasa yang menyebabkan dinding paru-paru menjadi rusak.

Bronkitis terbagi menjadi dua jenis. Pertama, bronkitis akut yang bertahan selama dua hingga tiga minggu. Bronkitis akut adalah salah satu infeksi sistem pernapasan yang paling umum terjadi. Bronkitis akut paling sering menyerang anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Kedua, bronkitis kronis adalah infeksi bronkus yang bertahan setidaknya tiga bulan dalam satu tahun dan berulang pada tahun berikutnya. Bronkitis kronis lebih sering terjadi pada orang dewasa di atas usia 50 tahun.

Pengertian Penyakit Bronkitis
Ilustrasi penyakit bronkitis © shutterstock

Penyebab Terjadinya Bronkitis

Penyebab ternjadinya bronkitis disebabkan oleh bronkus yang terkena infeksi sehingga sistem pernapasan anda terganggu. Sedangkan bronkus sendiri adalah saluran udara pada sistem pernapasan yang membawa udara ke paru-paru dan sebaliknya. Bronkitis akut biasanya disebabkan dari infeksi paru-paru yang kebanyakan disebabkan oleh virus. Iritasi dan peradangan menyebabkan bronkus menghasilkan mukosa lebih banyak. Dan tubuh berusaha mengeluarkan dahak atau mukosa yang berlebihan dengan cara batuk. Terserang bronkitis akut berkali-kali dapat menekan dan melemahkan bronkus sehingga akhirnya mengarah pada bronkitis kronis. 

Penyebab bronkitis yang paling umum adalah kebiasaan merokok. Tiap isapan rokok berpotensi merusak bulu-bulu kecil di dalam paru-paru yang disebut rambut silia. Rambut silia berfungsi menghalau dan menyapu keluar debu, iritasi, dan mukosa atau lendir yang berlebihan. Setelah beberapa lama, kandungan rokok bisa menyebabkan kerusakan permanen pada silia dan lapisan dinding bronkus. Saat ini terjadi, kotoran tidak bisa dikeluarkan dan dibuang dengan normal. Dahak dan kotoran yang menumpuk di dalam paru-paru membuat sistem pernapasan menjadi lebih rentan terserang infeksi.

Gejala Bronkitis

Gejalas bronkitis biasanya ditandai dengan batuk-batuk yang disertai lendir dan biasanya sering merasakan sesak napas.
Berikut ini adalah beberapa gejala yang diakibatkan oleh bronkitis:
  1. Batuk-batuk disertai lendir berwarna kuning keabu-abuan atau hijau
  2. Sakit pada tenggorokan
  3. Sesak napas
  4. Hidung beringus atau tersumbat
  5. Sakit atau rasa tidak nyaman pada dada
  6. Kelelahan
Penyakit jantung dan asma juga merupakan penyebab terjadinya penyakit bronkitis ini.

Pengobatan Bronkitis

Bronkitis akut biasanya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu, karena sistem imun tubuh yang akan bekerja untuk mengobatinya. Jadi terkadang tidak diperlukan pengobatan untuk bronkitis akut ini. Selagi menunggu penyakit ini berlalu, Anda disarankan minum banyak cairan dan juga banyak istirahat. Pada beberapa kasus, gejala bronkitis bisa bertahan lebih lama.

Sedangkan gejala bronkitis kronis biasanya akan bertahan setidaknya tiga bulan. Belum ada obat yang bisa menyembuhkan bronkitis kronis, tapi ada obat yang bisa digunakan untuk meredakan gejala yang muncul. Sebaiknya Anda hindari merokok atau lingkungan dengan banyak perokok di sekitarnya. Kondisi ini bisa memperparah gejala yang muncul jika Anda menderita bronkitis kronis. (Ref: alodokter.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar